Selamat Datang!

Foto saya
Mengelola blog ini sebagai ajang, silaturahmi di dunia maya di, Indonesia
Terima kasih kepada semua pengunjung blog Ya Wis Ngeblog Wae! Kok namanya Kanjeng Sinuwun? Ya, nama itu dipilih karena saat coba-coba pakai nama itu, eh, ternyata masih tersedia. Isi blog ini gado-gado. All in One. Semoga kerasan. Welcome!

9/10/2008

Apa Bahasa Jawanya Sebuah Kursi?

Bahasa Indonesia mudah? Nggak juga. Bagi teman-teman saya dulu di kelas 2 SD, pelajaran bahasa Indonesia termasuk sulit. Maklum wong ndesa katrok. Ceritanya begini.
Saat itu, Pak Guru yang terkenal galak (maaf Pak), bertanya kepada murid. "Apa bahasa Jawanya sebuah kursi?"
Tak ada yang mengacungkan jari. Akhirnya Pak Guru langsung menunjuk urut dari deretan depan. "Kamu, Dul. Apa bahasa Jawane sebuah kursi," tanya Pak Guru. "Siji kursi!" kata teman saya. "Salah!" jawab Pak Guru. Beliau terus urut bertanya kepada teman lainnya. "Sak kursi," kata teman yang lain. "Grrrr....!" seisi kelas tertawa.
Mayoritas, dari 41 murid, ternyata menjawab dengan jawaban kursi siji. Nah tibalah giliran saya yang duduk di pojok. Saya bingung juga. Akhirnya reflek menjawab, "Kursi siji Pak," kata saya kalem. "Yah, betul," kata Pak Guru. Dan gara-gara sebuah kursi itu, saya akhirnya menjadi rujukan teman-teman dalam pelajaran bahasa Indonesia he..he...(***)

2 komentar:

  1. Padahal sebuah itu artinya satu buah ya. Mau buah apa? Buah mangga, kurma, jambu, jeruk,...atau buah dada? Kalau yang terakhir ini sih enaknya dua buah, tidak se-buah.
    Hidup Kanjeng Sinuwun ing nDalem Iring Lepen
    (Dodi)

    BalasHapus
  2. Lha rak tenan. Kalau yang itu sebuah saja enak, apalagi dua buah he..he...

    BalasHapus