Selamat Datang!

Foto saya
Mengelola blog ini sebagai ajang, silaturahmi di dunia maya di, Indonesia
Terima kasih kepada semua pengunjung blog Ya Wis Ngeblog Wae! Kok namanya Kanjeng Sinuwun? Ya, nama itu dipilih karena saat coba-coba pakai nama itu, eh, ternyata masih tersedia. Isi blog ini gado-gado. All in One. Semoga kerasan. Welcome!

9/08/2008

Sirih Merah Membawa Berkah

Sirih merah yang saya tanam di tanah ini sudah berumur lebih dari tujuh tahun. Batang bawahnya sudah sebesar jempol kaki orang dewasa. Oh ya, bibit sirih merah ini saya beli di Pasar Beringharjo, Yogya. Kok nanam sirih merah sih? Iya, suka aja dengan warnanya yang eksotis. Cocok untuk tenaman hias. Merawatnya gampang. Tidak perlu banyak pupuk. NPK saja sudah cukup. Yang penting teduh. Bagian depan daun berwarna kemerahan, tetapi tekstur warna hijau gelap masih kelihatan. Dan yang menjadikan tanaman ini sangat eksotis adalah garis-garis warna perak itu. Apalagi kalau kena hujan. Wah...warna perak makin memancar. Bagian balik daunnya berwarna merah tua.
Sirih merah bukan sembarang tanaman lho. Semenjak menanam itu, banyak orang yang saya kenal maupun tidak saya kenal bertamu untuk meminta daunnya. Katanya untuk obat. Ada yang dipakai untuk obat jantung, obat mata dan lain-lain. Ada yang merasa sembuh lalu datang lagi memberi uang. Waduh...nggak dong. Kan ambilnya cuma berapa daun, lagian untuk obat. Jadi gratis. Lain cerita kalau untuk dijual lagi he..he..
Manfaat lainnya, sirih itu juga menjadi penanda si empunya rumah. Maksudnya, bila orang bertanya gubugnya Kanjeng Sinuwun yang mana sih? Jawabnya gampang, "Itu lho yang ada sirih merahnya." Asyik kan?
Ayo menanam sirih merah. Ditanam di pot juga asyik. Harganya cukup murah sekarang, bibitan antara Rp 15 ribu-Rp ribu per pot. Anda tertarik? (***)

3 komentar:

  1. Bakulan ya Kanjeng Sinuhun ki...

    BalasHapus
  2. Halo, Do. Ya bakulan, ya koleksi. Enake wong dodol kembang, ora payu dinikmati dewe. Tuku bibit cilik, ora payu tambah gede. Saya ora payu saya tambah larang he..he...Enak tenan. Tetapi saiki kembang lagi sepiiii...

    BalasHapus
  3. domisilinya dmn y kang?

    BalasHapus