Selamat Datang!

Foto saya
Mengelola blog ini sebagai ajang, silaturahmi di dunia maya di, Indonesia
Terima kasih kepada semua pengunjung blog Ya Wis Ngeblog Wae! Kok namanya Kanjeng Sinuwun? Ya, nama itu dipilih karena saat coba-coba pakai nama itu, eh, ternyata masih tersedia. Isi blog ini gado-gado. All in One. Semoga kerasan. Welcome!

9/25/2008

Sirih Hitam yang Tidak Hitam

LAGI-lagi tentang sirih. Tetapi yang ini sirih hitam. Meski namanya sirih hitam, tetapi tidak hitam betulan, tetap ada nuansa hijau gelap. Konon kasiat sirih hitam lebih 'mak nyuuss' dibandingkan sirih lainnya. Sirih hitam yang terpampang di foto ini dalam dunia persirihan masuk kategori grade A lho? Memangnya ada grade-grade-an? Ada. Ada jenis sirih hitam lain. Ciri yang grade A daun lebih tebal, warna lebih gelap dan hidupnya lebih susah. Sedangkan sirih hitam satunya warna hijau lebih terang, daun tipis dan hidupnya lebih mudah. Saya beli 10 bibit sirih hitam tetapi yang hidup ya cuma satu ini. Awalnya saya bingung kok perlahan-lahan daunnya pada kering. Akhirnya saya berpikiran bodoh saja, "Ah, sirih ini hidupnya di hutan, pasti senang kalau dihutankan kembali". Saya taruh saja pot sirih hitam itu dibawah pohon pisang, singkong dan rerumputan. Ajaib! Dari hanya 2 daun yang mau mengering, akhirnya tumbuh beberapa daun lagi. Sepertinya kunci sirih hitam ini ada pada udara yang sejuk dan adanya tiupan angin. Oh ya, sirih ini pertumbuhannya sangat lambat. BTW, kalau ada yang punya sirih hitam yang benar-benar hitam (kayak hitamnya rambut), mohon sharing infonya ya? (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar